Sunday, August 1, 2010

vespula vulgaris

guepe cummone (vespa vulgaris)
The common wasp, Vespula vulgaris, is a yellowjacket wasp found in much of the Northern Hemisphere, and introduced to Australia and New Zealand. It is a eusocial vespid, which builds its grey paper nest on a structure capable of supporting it, such as a tree, or underground, often using an abandoned mammal hole as a start for the site, which is then enlarged by the workers. The foundress queen may also select a hollow tree, wall cavity, or rock crevice for a nest site.
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Hymenoptera
Suborder: Apocrita
Family: Vespidae
Genus: Vespula
Subgenus: (Paravespula)
Species: V. vulgaris
 (wikipedia)

berawal dari browsing gambar tawon saya mendapatkan jenis tawon (lebah) yang sering kita jumpai di sekitar kita. Vespula vulgaris atau kadang ada yang menyebut vespa vulgaris (guepe cummone). Karena senang dengan jenis serangga ini saya berniat untuk membuat ilustrasi digitalnya. Entah nanti gambar ini kepakai atau tidak, yang penting bikin dulu  :))

silakan menikmati :P

sketnya
jadi ingat sama merk bedak anti kutu, dan juga tato dari personel band. BEDAK PUROL..maaf menyebut merk :P. Yak gambar diatas adalah sketan dari mahluk bernama latin Vespular vulgaris. di bahasa daerah saya binatang ini disebut tawon kemit. karena pinggangnya yang ramping. Kadang binatang ini juga digunakan untuk peribahasa di bahasa jawa yang menunjukan seorang wanita yang punya pinggang ramping.."bangkekane nawon kemit".. yang berarti seorang wanita yang disebut  itu mempunyai pinggang yang ramping..bak gitar espanola...:P aduhai lah pokoknya.

2 comments: